Drone Racing
Ketahui Lebih Banyak Tentang Drone Racing
December 2019
M T W T F S S
     
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Drone Racing RC

FPV Drone Race adalah perlombaan balapan drone dimana drone dikendalikan oleh seorang pilot yang menggunakan kacamata FPV (First Person View). Kacamata FPV berfungsi untuk menampilkan gambar dari kamera yang terpasang pada drone sehingga pilot dapat mengetahui keadaan sekitar drone. Pada bagian ini akan menjelaskan peraturan lomba kategori FPV Drone Race pada WIRC 2019.

1.    Ketentuan Peserta

Peserta pada kategori FPV Drone Race bisa berasal dari siswa SD, SMP dan SMA / SMK mewakili sekolah masing-masing.

2.    Spesifikasi Drone

Drone yang dapat digunakan pada kategori FPV Drone Race harus memiliki spesifikasi yang tertera pada bagian ini.

a.    Ukuran dan Berat

Frame dengan ketentuan jarak M2M (Motor to Motor) panjang maksimal 100mm. Penggunaan motor jenis apapun diperbolehkan, seperti Brushed dan Brushless. Berat maksimal Drone + Baterai yang diperbolehkan adalah 50gr.

b.    Remote Kontrol

Drone harus dapat dikendalikan melalui remote kontrol dengan frekuensi 2.4Ghz. Secara umum remote kontrol yang ada dipasaran sudah memenuhi spesifikasi, sehingga tidak diperkenankan adanya modifikasi. Contoh dari remote kontrol :

c.    Perangkat FPV

Drone diharuskan memiliki perangkat FPV dengan frekuensi 5.8Ghz yang meliputi :

·       Kamera FPV

·       Kacamata FPV

3.    Mekanisme Perlombaan

Perlombaan menggunakan sistem setengah kompetisi yang mana pada babak penyisihan akan dibagi menjadi beberapa grup dengan menggunakan sistem kompetisi dan memasuki babak seperempat final dilanjutkan dengan sistem gugur. Maksimal waktu 1 pertandingan adalah 3 menit (180 detik), apabila melewati batas waktu tersebut maka pemenang diambil dari jarak yang paling jauh dari garis start.

* Lebih Detil Silahkan Download Modul

Autonomous Drone Race

Autonomous Drone Race adalah divisi baru yang ada pada WIRC 2019. Ini merupakan salah satu cabang dari lomba drone race yang mengutamakan sistem otomatis pada drone. Tidak ada kendali manual seperti remote kontrol untuk mengendalikan drone. Berikut adalah penjelasan untuk divisi Autonomous Drone Race.

1.    Ketentuan Peserta

Peserta pada kategori FPV Drone Race bisa berasal dari siswa SD, SMP dan SMA / SMK mewakili sekolah masing-masing.

2.    Spesifikasi Drone

Drone yang digunakan adalah DJI Tello atau jenis micro brushed drone lainnya. Ukuran drone M2M (motor to motor) maksimal adalah 100mm. Drone dapat diprogram sehingga dapat terbang sesuai dengan program yang telah ditanamkan ke dalam drone. Program yang ditanamkan dapat melalui perangkat komputer / laptop maupun android / iphone / ipad. Berikut adalah drone DJI Tello.

3.    Mekanisme Pertandingan

Setiap tim akan diberikan 2x trial untuk menyelesaikan misi sesuai dengan arena pertandingan. Waktu yang digunakan dalam perangkingan adalah waktu yang tercepat menyelesaikan misi. Juara dari perlombaan ini adalah tim dengan drone tercepat yang dapat menyelesaikan misi. Waktu maksimal 1 pertandingan adalah 3 menit

4.    Misi dan Skor Pertandingan

Terdapat 4 misi dalam pertandingan ini sesuai dengan table dibawah ini.

No Misi Poin Waktu (detik)
1 Take Off 1
2 Flag 2
3 Gate 3
4 Landing 2
Total Poin & Waktu 8

 

a.    Start

Merupakan tempat drone diletakkan sebelum melakukan take off. Bentuk dari tempat start adalah persegi dengan panjang sisinya adalah 1m. Tim akan mendapatkan poin take off apabila dapat take off dengan berhasil. Bentuk dari tempat start adalah seperti berikut.

b.    Finish

Merupakan tempat landing drone diakhir arena pertandingan. Sama halnya dengan tempat start, bentuk dari tempat finish juga berbentuk persegi dengan Panjang sisi 1m. Poin landing dapat diberikan apabila drone dapat landing ke dalam tempat finish.

c.    Gate / Gawang

Sebuah tantangan / rintangan yang ada pada arena pertandingan yang harus dilewati oleh drone pada sisi bagian dalam. Poin gate diberikan apabila drone dapat memasuki gate / gawang. Berikut adalah ukuran gate / gawang yang digunakan.

d.    Flag / Bendera

Flag / bendera merupakan rintangan / tantangan yang ada pada arena pertandingan yang berbentuk tiang yang diujung atasnya diikat sebuah bendera sebagai penanda. Flag / bendera ini harus dilewati disisi bagian kanan / kiri tergantung dari bentuk arena pertandingan. Poin flag akan didapatkan apabila drone dapat melewati bagian kanan / kiri yang sesuai arena pertandingan. Berikut ukuran flag / bendera yang digunakan.

* Lebih Detil Silahkan Download Modul

Drone Racing